Pilates
Issues & Lifestyles

Pilates dan Manfaatnya bagi Tubuh

Rasanya punggung, perut, dan seluruh persendian saya pun mulai mendapatkan haknya untuk kembali bergerak sesuai fungsi asalnya. Setidaknya itu yang saya rasakan setelah hampir 3 bulan rutin pilates. Seluruh otot dan persendian terasa mulai relaks, tubuh pun lebih jarang sakit.

Pada minggu-minggu pertama latihan, sudah tentu badan rasanya remuk redam. Semua otot-otot seperti diregang paksa. Maklum, sudah bertahun-tahun saya memang tidak pernah olahraga rutin. Namun setelah beberapa kali berlatih, tanda-tanda perbaikan pada tubuh mulai saya rasakan. Pegal-pegal di bahu, otot punggung yang kerap terkilir pun mulai membaik. Badan terasa lebih segar. Saya mulai merasakan manfaat dari pilates.

Nah, mulai penasaran dengan olahraga yang satu ini? Apa saja sih manfaatnya? Apa bedanya dengan yoga? Yuk, kita bahas satu per satu.

Child Pose in Pilates
Child Pose in Pilates (Sumber: by_Gilaxia – Getty Images Signature)

Apa Itu Pilates?

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang fokus pada kekuatan, kelenturan, sekaligus memperbaiki postur tubuh. Berdasarkan definisi dari Cambridge, pilates sendiri merupakan sebuah nama brand atau trademark yang dikaitkan dengan sebuah sistem latihan fisik yang melibatkan kontrol gerakan, peregangan, dan pernapasan. Sinkronisasi antara kekuatan otot-otot tubuh, pernapasan, dan konsentrasi penting untuk diperhatikan saat berlatih gerakan-gerakan pilates.

pilates (n): a brand name for a system of physical exercise involving controlled movements, stretching, and breathing

Cambridge Dictionary

Perbedaan Pilates dengan Yoga

Sebenarnya yoga telah lebih dulu hadir jauh sebelum pilates. Yoga, yang berasal dari India, telah dipraktikkan ribuan tahun lamanya. Pilates sendiri kemudian disebut-sebut sebagai olahraga turunan dari yoga. Dikembangkan oleh seorang atlet asal Jerman, Joseph Hubert Pilates pada abad ke-20, pilates kian populer di masa sekarang dan digandrungi para wanita.

Perbedaan yang mendasar antar kedua jenis olahraga ini dapat dilihat dari tujuannya dibuat. Yoga, selain digunakan untuk mengolah fisik, lebih menitikberatkan latihannya pada konsentrasi dan ketenangan jiwa. Kebalikannya, walau juga membutuhkan konsentrasi ketika melakukannya, pilates nyatanya memang didesain untuk memperbaiki postur tubuh, juga melatih kelenturan dan kekuatan otot.

Pilates dan Manfaatnya

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kita rasakan jika rutin melakukan pilates.

1. Memperbaiki postur tubuh

Tanpa sadar, ternyata sehari-hari kita sering menerapkan kebiasaan yang kurang baik pada tubuh. Duduk atau berjalan dengan posisi badan membungkuk, menyandang tas terlalu berat pada salah satu sisi bahu, menopang tubuh hanya di satu sisi adalah beberapa contohnya. Hal-hal tersebut biasanya akan berlanjut pada menurunnya fungsi otot tubuh.

Melalui pilates, kita akan banyak melatih kembali otot-otot inti tubuh, seperti otot punggung bagian bawah, perut, dan panggul agar dapat digunakan kembali sesuai dengan fungsi utamanya. Dengan mengembalikan fungsi-fungsi otot tersebut, kita pun dapat mulai mengurangi risiko penyakit-penyakit di masa tua kelak.

2. Menyeimbangkan koordinasi anggota tubuh

Gerakan-gerakan pilates memang membantu menyeimbangkan koordinasi anggota tubuh. Perubahan posisi tubuh dari satu gerakan ke gerakan lainnya umumnya dilakukan dengan perlahan, penuh konsentrasi, dan kesadaran. Di dalam pilates, kita akan lebih banyak berlatih sambil berkonsentrasi merasakan aliran napas di dalam tubuh.


Pilates dengan Gym Ball
Pilates dengan Gym Ball (Sumber: Latino life – Canva Pro)

3. Menguatkan otot-otot tubuh

Walau dilakukan secara perlahan, pilates mengajak kita untuk memaksimalkan dan menguatkan otot-otot tubuh untuk saling menopang satu sama lainnya. Gerakan menopang tubuh dalam posisi miring dengan bertumpu pada tangan dan ujung kaki misalnya. Selain itu, terkadang push-up dan plank juga sering menjadi bagian dalam olahraga pilates.

Gerakan Pilates dan Manfaatnya
Gerakan Pilates (Sumber: Maridav – Canva Pro)

4. Melenturkan persendian

Pilates banyak melibatkan gerakan-gerakan yang juga berfungsi melenturkan persendian. Beberapa contohnya, gerakan menekuk tubuh dan menyentuh ujung jari kaki, peregangan otot-otot panggul dengan cara membuka kaki lebar-lebar, melipat kaki dan menahan bola di antara betis dan paha, dan masih banyak lagi.

5. Mengelola berat badan

Selama kita menggerakkan tubuh secara konsisten, baik pada pilates ataupun olahraga lainnya, mengatur berat badan tentu lebih mudah dilakukan. Berkeringat dan fokus pada gerakan-gerakan yang dilakukan dapat membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Perlengkapan Pilates

Sama dengan yoga, umumnya gerakan-gerakan pilates dilakukan di atas mattress atau alas tipis dengan ketebalan mulai dari 5 cm hingga 10 cm. Semakin tebal alas yang digunakan biasanya semakin nyaman pula untuk digunakan pada pose-pose yang memanfaatkan tubuh sebagai tumpuan. Namun berbeda saat kita harus mempraktikkan gerakan yang melatih keseimbangan. Di sini alas yang tipis akan lebih mudah digunakan.

Selain mattress, pilates juga kerap menggunakan perlengkapan seperti gym ball, roller, resistance band, dan lainnya ketika latihan.

Matras, Gym Ball, Dumble
Matras, Gym Ball, Dumbbell (Sumber: kurgenc – Getty Images)

Olahraga satu ini memang layak dipertimbangkan bagi teman-teman yang ingin mulai memperbaiki bagian-bagian tubuh yang sering terlewat untuk diperhatikan. Dengan konsisten berlatih pilates, maka satu per satu anggota tubuh akan menjadi lebih kuat dan lentur. Aneka penyakit pun mulai menghindar jauh-jauh dari kita.

Yuk, ikutan pilates!

Baca Juga: Pengalaman Gowes di Trek Rindu Alam

29 thoughts on “Pilates dan Manfaatnya bagi Tubuh

  1. Biasanya saya kalau olahraga lebih suka yoga. Belum pernah nyobain pilates, sih. Pengen nyobain juga supaya badan tetap segar, kuat dan lentur. Belum nemu tapi nih tempat latihan pilates di kota tempat tinggal saya. Kalau belajar secara online doang, takut salah gerakan dan malah kurang tepat.

    1. Saya juga baru akhir-akhir ini mencoba rutin pilates Mbak. Gerakan-gerakannya menurut saya terasa lebih aktif dibanding yoga, walau sama, yang menjadi fokus juga kekuatan dan kelenturan tubuh…

  2. Memang keliatan banget orang kalo rajin olahraga antara pilates, zumba atau yoga.
    Bagi badanku, aku lebih seneng yang bergerak aktif seperti zumba. Tapi ikutan kelas pilates, beberapa kali serasa mo pingsan. MashAllah~
    Berat banget karena seringkali bertumpu pada ketahanan tubuh.
    Kudu sering-sering dilatih kelenturan dan proporsi tubuh.

    1. Hihihi, Ak justru sekarang masih agak berat kalau ikut olahraga tipe aktif atau untuk kardio Kak. Rasanya napas gak terkejar.. Apakah ini pertanda usia yang mulai menua? hahaha

      1. Kayanya tergantung karakter gasii?
        Soalnya akutu anaknya kan kinestetik gitu.. Jadi kalo diajak yang banyak gerak, seneng.
        Diajakin tenang, inhale-exhale gitu, malah sulit memahami.

        Pilates asik banget.
        Dikit gerak, tapi keringetnya luar biasa dan bikin badan kemeng.

  3. Pilates bisa dilakukan sendiri tanpa trainer ya? Bisa lihat videonya di youtube dong ya kalau gt. Sudah lama nih tidak olahraga.. Pengen nyoba yang slow dulu

    1. Di youtube sebenarnya banyak juga Mbak, pilates for beginner dll. Tapi untuk amannya dan latihan awal-awal, mungkin baiknya dengan trainer dulu ya Mbak..

  4. Eh sama, badan saya juga akhir-akhir ini terasa sakit, otot pegal. Mungkin harus coba Pilates juga nih. Segera saya cari di internet, biar bisa mulai di rumah hehehe
    Terimakasih informasinya

  5. Saya kira pilates itu bagian dari yoga, ternyata bukan tooo… ๐Ÿ˜… Penasaran pengin dua-duanya, tapi harus pilih satu dulu ya, disesuaikan dengan kebutuhan. Thanks for sharing ya, kak..

  6. Wah tertarik coba pilates saya apalagi dengan berkeringat dan fokus pada gerakan-gerakan yang dilakukan dapat membakar kalori yang masuk ke dalam tubuh. Makasih sharing infonya:)

  7. Aku juga setahun ini olahraga tapi senam modal yutub aja Mbak. Alhamdulillah badan jadi segar ga gampang capek. Olahraga penting banget buat wanita bisa mencegah pengeroposan tulang.

  8. Waah! Saya baru tahu, ternyata ada olah raga lain yang hampir sama dengan yoga. Saya sendiri malah aktif di olah raga yoga, mbaa.

  9. salah satu artis kesukaan saya juga melakukan pilates sejak lama. dan pas baca ternyata pilates juga bisa mendukung tubuh biar makin lentur ketika menari. wah keren banget sih pilates ini ๐Ÿ‘

  10. Kalau lihat di fyp tiktok suka ada tampilan pilates yang sebenarnya bisa dipraktekkan di rumah. Langsung daku like, hanya saja gak daku rutinkan huhu, padahal manfaatnya banyaknya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *